My Blog

This blog was created as a present for celebrating my birthday. It would be two days to go since it had been launched,It's Sept.15, 2010. This blog was created as a present for celebrating my birthday. It would be two days to go since it had been launched, It's Sept.15,2010. This blog was created as a present for celebrating my birthday. It would be two days to go since it has been lauched, It's Sept. 15, 2010.
Di sini, lewat sebuah blog yang sederhana ini, ku coba mengekspresikan diri. Semoga ada manfaatnya bagi diriku dan orang lain..

"BIKIN BLOG" -- Pikir-pikir,. apa ya,. yang bisa ku buat..atau ku lakukan.. tuk ulang tahun ku yang ke 42, (a, ke 42 ? so,tahun berapa tu lahirnya?) pada 15 September 2010 ini? Maka ku cobalah merenung,..Akhirnya ku dapat ide. Ide apa tu,..? Lalu dua hari sebelum hari H (kok hari H ya, kenapa nggak hari W?) maka ku cobalah untuk bikin blog yang sederhana ini guna mengekspresikan diri . Dengan sedikit belajar, cari berbagai info tentang blog dan luangkan waktu, ku mulai dengan buat email di Gmail, lalu buka blogspot.com and creat a new blog. Maka jadilah,..Welcome to my Blog, JUFRIYADI. Untuk itu, ku tulislah "Bikin Blog" ini sbagai pembuka. Gitu,..!! Bagaimana? Catat dan kunjungi lagi http://www.jufri-eri.blogspot.com

Sunday, November 21, 2010

Tips Lulus UN 2011

Ujian Nasional sudah makin dekat. Sekitar pertengahan April 2011 UN  akan dilaksanakan. Bebagai upaya sudah mulai dilakukan sekolah untuk menyiapkan diri agar siswanya 100% lulus dalam Ujian
Nasional. Pendalaman materi mulai dilakukan disekolah dengan tambahan jam belajar, bahkan sebagian siswa ikut bimbingan belajar di luar sekolah. Banyak yang merasa cemas, tapi tidak sedikit juga yang kelihatan cuek dan santai saja.
Terlalu cemas dalam menghadapi Ujian Nasional ini bisa mengakibatkan  stress dan terbebani, terlalu cuek dan santai pun bisa mengakibatkan kelengahan dan kegagalan. Semua itu harus diatasi dengan persiapan yang matang dan memahami beberapa tips yang bisa membantu keberhasilan untuk lulus dengan hasil terbaik.
Berikut disajikan beberapa tips yang dapat dipraktekan dengan mudah. Malah sebagian merupakan hal-hal sederhana yang kadangkala dilupakan tapi sangat diperlukan. Ada tiga tahap yang perlu dilakukan dengan mempraktekkan hal-hal sebagai berikut:

A. Jauh hari sebelum Ujian

1. Belajarlah dengan cara terbaik sesuai dengan gaya belajarmu. Kenali gaya belajarmu, apakah dengan banyak mendengar, banyak membaca, berdiskusi atau dengan gaya lain.
2. Bersikaplah proaktif dengan aggapan bahwa kamulah yang menentukan keberhasilanmu, dan keberhasilan itu pasti  dengan kerja keras.
3. Perbanyak berkonsultasi dengan guru mata pelajaran dan berdiskusi dengan teman mengenai materi yang rasanya belum kamu kuasai.
4. Ikuti kegiatan bimbingan belajar jika memungkinkan dari sisi waktu dan biaya.
5. Miliki panduan materi, soal-soal UN tahun sebelumnya, dan prediksi soal beserta pembahasannya.
6. Berlatihlah menyelesaikan soal-soal UN atau soal prediksi UN dan periksa sendiri jawabanmu dengan mencocokkan kunci jawaban yang biasanya tersedia.
7. Ikuti program persiapan belajar yang disiapkan oleh sekolah,seperti tambahan belajar sore hari. Tambahan jam belajar biasanya untuk membahas materi yang lebih sulit.
8. Ikuti try out yang biasanya dilakukan sekolah atau lembaga bimbingan belajar lain, dan Praujian yang biasa di programkan sekolah.
9. Buatlah kelompok belajar dan berdiskusi tentang materi yang belum kamu pahami. Biasanya penjelasan teman dalam kelompok diskusi lebih mudah dimengerti.
10. Jaga kesehatan agar tetap fit dengan berolah raga dan mengonsumsi makanan bergizi.
11. Rajinlah berdoa agar dapat lulus UN dan minta didoakan kepada orang tua dan keluarga dekat lainnya.

B. Tiga hingga sehari menjelang Ujian

12. Kurangi kegiatan belajarmu, cukup mengulangi kembali beberapa materi yang kamu anggap perlu. Bahkan jika kamu sudah yakin menguasai materi pelajaran, hentikan saja kegiatan belajar dan manfaatkan waktu untuk istirahat.
13. Bacalah dan ketahui dengan jelas aturan-aturan yang diberlakukan dalam ujian seperti tata tertib pelaksanaan UN.
14. Perbanyaklah bersikap tenang  dan berperasaan senang sehingga kamu menjadi rileks dan tidak terbebani. Jaga ketenangan hati dan pikiran.
15. Pastikan kamu mengetahui jadwal mata pelajaran yang diujikan sehingga kamu betul-betul siap menghadapinya.
16. Periksa kembali perlengkapan belajarmu. Jika ada yang belum lengkap segera lengkapi, seperti pensil, mistar, penghapus dan lain-lain yang diperlukan


C. Pada hari Ujian

17. Tidurlah lebih cepat dari biasanya pada malam sebelum ujian besok agar fisik kamu prima dan tidak mengantuk saat ujian berlangsung.
18. Siapkan perlengkapan alat tulis yang kamu perlukan pada saat ujian, seperti kokarde peserta ujian, papan pengalas, dan jam tangan (jika ada) sebelum tidur.
18. Bangunlah pagi-pagi, persiapakna segala sesuatunya, jangan lupa sarapan dan minta restu kedua orang tua sebelum berangkat ke sekolah.
19. Usahakan tiba di lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai.
20. Jangan lupa membaca doa dan berdoalah dengan khusuk sebelum kamu mulai menjawab soal.
21. Santai saja, jangan terbebani atau merasa tegang pada saat menjawab soal-soal ujian. Tanamkan optimisme dan kepercayaan diri bahwa Anda bisa menjawab dengan benar. Ingat ketegangan dapat membuyarkan konsentrasi Anda!
22. Jaga Lembar Jawaban Komputer kamu agar tetap bersih, tidak terlipat, dan tidak tercoret coret. Baca dan pahami petunjuk sebelum mengisinya
23. Kontrol waktu kamu, jangan sampai waktu berakhir tetapi pekerjaan kamu belum selesai. Jika tidak memiliki jam tangan dan pengawas tidak menyampaikan, jangan ragu untuk bertanya kepada pengawas mengenai waktu yang masih tersisa.
24. Periksa kembali jawaban dan data dirimu sebelum menyerahkan LJK ke pengawas. Pastikan bahwa nama, nomor ujian, kode sekolah, dan lainnya) terisi dengan benar. Pastikan juga bahwa semua soal telah terjawab.
25. Pastikan LJK kamu telah diterima pengawas sebelum kamu meninggalkan ruangan ujian.

Jika kamu menganggap tips ini bisa dilakukan silakan mulai dipratekkan dari sekarang
Selamat, semoga kamu semua lulus ujian dengan hasil yang memuaskan. Amiinn...

(Dari berbagai sumber)

2 comments:

  1. Posting yang bagus dan sangat bermanfaat, mudah-mudahan banyak siswa yang nyampe ke mari.

    ReplyDelete
  2. Ass. Ma kasih Pak Marpaung, moga aja begitu.

    ReplyDelete